TENTANG KAMI

NEW Indonesia merupakan koalisi dari beberapa lembaga masyarakat sipil yang memiliki concern untuk memperkuat akses dan kualitas pendidikan terhadap seluruh warga negara Indonesia. Secara resmi koalisi ini telah berdiri sejak tahun 2010 dengan nama Civil Society Organization Initiative for Education for All (CSOiEFA). Untuk mempertegas posisi dan fokus kerja koalisi, maka pada tanggal 2 November 2012 koalisi ini resmi berganti nama menjadi Network for Education Watch Indonesia (NEW Indonesia) atau Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI). NEW Indonesia mempunyai beberapa anggota jaringan yakni: PGRI, PP Muslimat NU, LP3ES, YAPARI, P3M, ACE, Asppuk, BKKPPSI, BSK, Fisip UMJ, PP Lakpesdam NU, PPSW, JARI, YBS, YIS, Yayasan Aulia, Yayasan Darussolihin, Yayasan Paramuda, IHF, dan IHCS. NEW Indonesia saat ini merupakan anggota dari Global Campaign for Education (GCE) by UNESCO. Selain itu ditingkat Nasional NEW Indonesia juga masuk jaringan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP).

Terwujudnya masyarakat sipil yang kuat dan mampu memperjuangkan hak-haknya atas pendidikan dan kebijakan publik yang mendukung akses pendidikan 12 tahun yang berkualitas dan berkeadilan.

Melakukan advokasi kebijakan pemerintah dalam mendukung pencapaian pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.

Meningkatkan peran masyarakat sipil dalam proses pengambilan keputusan dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan 12 tahun yang berkualitas.

Mengembangkan kajian dan penelitian untuk memperkuat advokasi kebijakan pendidikan berbasis data.

Membangun sinergi jaringan pendidikan, baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Memberdayakan kelompok-kelompok marginal untuk mendapatkan hak pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kapasitas tenaga pendidik.

CONCERN AREAS

Dalam rangka meningkatkan SDM – NEW Indonesia aktif melakukan kajian-kajian isu kebijakan, pendidikan dan pelatihan. Seperti : FGD, memproduksi paper, bukubuku temuan riset dan pelatihan advokasi dan riset

NEW Indonesia sebagai NGO yang juga fokus untuk advokasi kebijakan sering aktif dalam kajian-kajian kebijakan pemerintah terkait dengan pendidikan baik regulasi, anggaran dan implementasi.

Dalam rangka penguatan jaringan di tingkat regional dan internasional, NEW Indonesia sering terlibat aktif dalam foru-forum regional dan internasional. Seperti : Konferensi Internasional tentang Pendidikan, TLCE, dan forum lain di Jepang, Thailand dan India.

Pertemuan dan penguatan kapasitas anggota jaringan menjadi rutinitas NEW Indonesia, baik koalisi di tingkat nasional, regional dan internasional sebagai upaya penguatan kerjasama dalam bidang pendidikan

Akses pendidikan 12 tahun yang berkualitas dan berkeadilan menjadi fokus campaign NEW Indonesia. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan NEW Indonesia untuk mengkampanyekan Visi seperti, Sepekan Aksi Pendidikan: “Setiap Anak Membutuhkan Guru”, “Pendidikan Non Diskriminasi”, “Sekolah Ramah Anak” dan “Wajib belajar 12 tahun tanpa diskriminasi”.