Skema Student Loan Bantuan Mahasiswa Membayar Uang Kuliah

0
129

Suara Kalbar– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sedang mengkaji skema student loan untuk membantu mahasiswa-mahasiswi dalam membayar uang kuliahnya.

Meski begitu, di saat yang bersamaan pemerintah juga bersikap waspada mengingat negara-negara yang sudah menerapkan skema tersebut, seperti Amerika Serikat, menghadapi masalah jangka panjang.

Menkeu mengatakan pihaknya juga akan membahas skema student loan dengan pihak perbankan untuk kemudian merumuskan bagaimana affordability dari pinjaman tersebut sehingga tidak memberatkan mahasiswa, mencegah terjadinya moral hazard, dan tetap memberikan afirmasi terutama pada kelompok masyarakat yang tidak mampu.

“Poin saya adalah sesuai dengan yang keinginan kita, Indonesia ingin jadi negara maju dan negara maju identik dengan SDM yang baik kualitasnya, maka kita juga akan terus memperbaiki, mempertajam, meng-address berbagai isu mengenai human capital,” jelasnya dikutip dari VoA Indonesia.

Lantas apa itu Student Loan

Student loan adalah pinjaman pendidikan dari negara yang dikembalikan tanpa bunga dengan proses cicilan. Proses cicilan dapat dilakukan setelah mahasiswa lulus dengan cara memotong gaji lulusan sekian persen untuk membayar utang dana kuliah yang telah dipakai.

Meskipun telah diterapkan di berbagai negara maju, skema tersebut dinilai sejumlah pihak belum tepat diterapkan di Indonesia. Seperti Koordinator Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji, yang menilai lembaga-lembaga keuangan di Indonesia belum mampu melakukan pembiayaan pendidikan yang berkelanjutan dan tidak adanya jaminan pasti kapan mahasiswa harus membayar utangnya.

Persoalan tersebut, katanya, juga diikuti dengan beberapa permasalahan lain termasuk tingkat kesulitan tes untuk masuk ke perguruan tinggi, dan tingkat keberhasilan mahasiswa untuk lulus. Apalagi, generasi penerus bangsa ini, menurutnya, masih dihadapkan pada persoalan sulitnya mencari kerja.

Comments are closed.