Mendengarkan Aspirasi dan Keluhan Warga Terkait Akses dan Kualitas Layanan Pendidikan di DKI Jakarta

0
305

Seminggu setelah mendengarkan aspirasi dan keluhan warga kemudian menyampaikan dan ingin mendapatkan informasi apa yang akan dilakukan pihak dinas pendidikan DKI Jakarta pada tahun 2024.

Terkait wajib belajar 9 tahun dan PPDB serta fenomena akan berkurangnya pendapatan sekelompok warga terutama yang berprofesi driver gojek, grab dan sebagainya. Salah satu penyebab karena jumlah mereka makin banyak.

Meski belum di survey tetapi sepertinya mereka ini rata-rata adalah ortu murid dimana anak-anak mereka berada dijenjang pendidikan dasar. Yang menarik dalam pertemuan dengan dinas pendidikan adalah pihak dinas pendidikan tengah merancang PPDB Bersama untuk jenjang SMP dan sekolah gratis. Semoga bukan janji manis.

Sebelum ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan PPDB bersama dan Sekolah Gratis jujur saya sendiri belum begitu paham apa yang disampaikan oleh plt kadis. Karena sejak awal ketemuan ini tidak dimaksudkan untuk sebuah perdebatan tapi sebagai masukkan untuk perbaikan maka saya agak enggan untuk memperdalam apa itu PPDB bersama jenjang SMP bagaimana mekanismenya, pembiayaannya dan sebagainya.

Dan sekolah gratis itu wujudnya seperti apa. Tapi setidaknya kita masih punya kesempatan untuk mendiskusikan hal itu kepada PLT kadis dan tim karena diakhir acara saya minta kepada plt kadis nanti di waktu lain mendiskusikan hal itu dan beliau welcome.

*Jumono_Koloni88

Comments are closed.