Jangan Anggap Remeh Pendidikan Non Formal

0
606

BUNTOK–Mewujudkan peran strategis bidang pendidikan sangat lah penting. Maka dari itu, setiap tahunnya bidang pendidikan adalah prioritas bagi pemerintah daerah Barsel. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Barsel, Su’aib MAP, kepada Kalteng Pos, Selasa (1/10).

Menurut Su’ain, melalui berbagai program seperti wajib belajar dua belas tahun, paling tidak para generasi muda memiliki kemampuan dalam pengembangan pola pikir guna mengisi pembangunan. Barsel, kata dia, merupakan kabupaten yang memiliki tingkat penyerapan dan kesempatan kerja yang tinggi, sehingga melalui kerjasama dengan pihak swasta, diharapkan generasi muda mendapatkan kesempatan kerja.

“Paling tidak dengan bekal pendidikan 12 tahun, para peserta didik dapat mengikuti rekrutmen untuk tenaga non skill, yang akan di training menjadi kerja siap pakai,”ungkapnya.

Dikatakannya, pendidikan tidak harus dari bangku sekolah saja, karena dalam istilah dunia belajar, ada pendidikan non formal, dimana pendidikan yang di dapat bukan dari buku pelajaran dan bangku sekolah semata, melainkan dari hasil pengalaman dan pengamatan kehidupan sekitar.

“Jangan anggap remeh pendidikan non formal, karena dari sekian banyak tokoh pembangunan yang berhasil, beberapa dari mereka banyak yang mendapatkan pengalaman dikehidupan sehari-hari,” terangnya.

Leave a reply