587 Murid MTs Ikuti Kompetisi Sains Madrasah

7

KEBUMEN – Sebanyak 587 murid dari 67 MTs negeri dan swasta di Kebumen mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diberlangsung di MTs Negeri 5 Kebumen (dulu MTs Klirong,red), Sabtu (27/1). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Madrasah dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) itu dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen Imam Tobroni.

Ketua Panitia KSM Bangun Sudibyo menjelaskan, dalam kompetisi tersebut para peserta ambil bagian di empat mata pelajaran yang dilombakan, Yakni Matematika diikuti 132 peserta, Fisika 113 peserta, Biologi 121 peserta dan IPS 121 peserta.Seluruh peserta yang merupakan kelas 7 dan 8 diwajibkan mengerjakan soal-soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Nantinya akan satu terbaik untuk mewakili Kebumen di ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujar Bangun Sudibyo kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Seksi Kurikulum KKM yang juga Kepala MTs Negeri 3 Kebumen (dulu MTs Triwarno Kutowinangun,red), Sugeng Warjoko menambahkan, selama ini masih terdapat image dari masyarakat bahwa madarasah melulu belajar ilmu agama. Padahal madrasah juga mempelajari ilmu sains. Dengan digelar kopetisi ini, diharapkan semakin banyak murid dari madrasah yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Kegiatan ini sekaligus mengubah cara pandang madrasah, sehingga nantinya siap berkompetisi dengan sekolah umum,” ujar Sugeng Warjoko seraya menyebutkan bahwa dari tiga perwakilan Kebumen yang mengikuti OSN satu di antaranya berasal dari madrasah.

Lebih lanjut, Sugeng Warjoko menambahkan, kompetisi itu dilaksanakan tahun ke-6. Meskipun belum seluruhnya madrasah mengikuti kegiatan itu, tetapi secara umum jumlah peserta meningkat. Saat ini di Kebumen terdapat 88 MTs yang terdiri atas delapan negeri dan 80 swasta.

“Untuk madrasah yang tidak ikut, mungkin mereka tidak memiliki jago, atau merasa kalah sebelum bertanding,” katanya.

Sementara itu, dari hasil penilaian MTs Negeri 3 Kebumen mampu mengimbangi dominasi MTs Negeri 1 Kebumen. MTsN 3 Kebumen meraih juara I di bidang Matematika atas nama Fatimah Azzahro, dan Fisika atas nama Kholifatul Azizah. Sedangkan MTsN 1 Kebumen meraih juara 1 di bidang Biologi atas nama Asma Amaniaul ‘Ulya dan dan IPS atas nama Nova Putri Ramadhani.

Selanjutnya MTsN 3 Kebumen bakal kan mewakili Kabupaten Kebumen ke KSM tingkat Propinsi Jateng pada bidang Matematika dan Fisika. Sedangkan MTsN 1 Kebumen maju di bidang Biologi, karena IPS tidak diperlombakan di KSM tingkat Propinsi Jateng.

“Perkiraan pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jateng akan digelar pada Mei 2018 mendatang,” ujar Sugeng Warjoko.