Penyusunan VNR 2019 SDGs Pendidikan

Prioritas GGD Atasi Kesenjangan Pendidikan
March 28, 2019
Banyak Kecurangan, JPPI Minta UN Dihapus
April 17, 2019

Team Leader SDGs PPN/Bappenas Nina Sardjunani memberikan arahan terkait aspek teknis guna mematangkan penyusunan VNR 2019 SDGs Tujuan 4 /NEW Indonesia

Jakarta – Baru-baru Sekretariat SDGs Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menjadi tuan rumah pertemuan lanjutan, guna merampungkan penyusunan Voulntary National Review (VNR) yang dijadwalkan disampaikan dalam HLPF Tahun 2019 , salah satunya terkait Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas.

Team Leader SDGs Nina Sardjunani mengatakan optimistis, dengan kolaborasi lembaga (pemerintah) dan masukan-masukan konstruktif dari kalangan organisasi sipil diharapkan penyusunan VNR Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas lebih menyeluruh akan rampung sesuai jadwal.

Sekitar lima seri pertemuan lanjutan akan berlangsung hingga bulan Mei mendatang terkait penyusunan VNR Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas. Penyusunan laporan VNR Tujuan 4 Pendidikan (SDGs 4) melibatkan sejumlah perwakilan ormas, antara lain PBNU (bagian pendidikan), PP Muhammadiyah, Seknas JPPI, Matakim , Youth Corps, KMSTP KWGI, PGI PGRI dan puluhan organisasi pro-demokrasi lainnnya yang konsisten melakukan advokasi pendidikan berkualitas, dihadiri pula perwakilan badan donor seperti UNICEF, UNESCO dan UNDP.

Sebelumnya PBB menunjuk Indonesia sebagai salah satu dari 51 negara yang akan menyampaikan Voulntary National Review (VNR) dalam High Level Political Forum (HLPF) on Sustainable Development. Salah satu VNR yang disampaikan dalm HLPF Tahun 2019 adalah Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas.

Rakernas TBP/SDGs

Sejak Februari 2019 , Bappenas menginisiasi Rapat pembahasan teknis sekaligus menyampaikan draf final dari Pedoman Teknis Pemantauan, Evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan TPB/SDGs Indonesia.

Pertemuan nasional dihadiri sedikitnya 150 peserta yang berasal dari Kementerian/Lembaga dan nonpemerintah yaitu dari unsur filantropi, pelaku usaha, CSOs serta akademisi khususnya yang telah menyampaikan program dan kegiatannya pada Rencana Aksi Nasional (RAN) TPB/SDGs 2017-2019.

Pedoman teknis

Pedoman teknis ini menjadi acuan bagi pihak pemerintah dan nonpemerintah dalam memantau capaian program dan kegiatan yang tertuang pada RAN 2017-2019 serta dalam mengevaluasi dan melaporkan capaian target nasional yang juga tertuang pada RAN 2017-2019. Ibu Winny juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat menyampaikan data untuk pemantauan dan evaluasi tahunan tersebut guna dilaporkan pada laporan tahunan TPB/SDGs 2018 dan pada Voluntary National Review (VNR) dengan analisis yang lebih dalam serta komprehensif yang akan disampaikan pada High Level Political Forum (HLPF) 2019 di Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York pada bulan Juli 2019. (Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *