Presiden Tekankan Pentingnya Alokasi Anggaran Mitigasi Bencana

Siswa Korban Tsunami Butuh Seragam Sekolah
January 7, 2019
Bantuan Mengalir, Siswa dan Guru Korban Tsunami Bersemangat Kembali
January 7, 2019

Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah dan legislatif sepakat untuk meningkatkan alokasi anggaran bagi edukasi dan mitigasi bencana.

JAKARTA — Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah dan legislatif sepakat untuk meningkatkan alokasi anggaran bagi edukasi dan mitigasi bencana.

Presiden Jokowi mengingatkan agar seluruh perangkat pemerintah meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam karena Indonesia berada di kawasan cincin api (Ring of Fire).

“Pemerintah dan DPR mengalokasikan lebih banyak lagi anggaran untuk melakukan edukasi dan mitigasi bencana. Sebagai negara di tempat rawan bencana, Ring of Fire, kita harus siap, berespons, tangguh menghadapi segala bencana alam,” ujarnya dalam Sidang Kabinet Paripurna di Jakarta, baru-baru ini.

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta adanya edukasi yang lebih baik, konsisten, lebih dini, dan masuk ke dalam muatan sistem pendidikan sehingga masyarakat bisa siap dalam menghadapi bencana.

Tahun lalu, pemerintah tercatat sudah menggelontorkan dana untuk tiga bencana besar senilai Rp7,3 triliun. Khusus untuk tahun ini, pemerintah menganggarkan dana untuk tanggap bencana senilai Rp15 triliun.

Beberapa bencana besar yang terjadi pada 2018 adalah gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), dan tsunami di Selat Sunda.

Sumber : https://kabar24.bisnis.com/read/20190107/15/876055/jokowi-tekankan-pentingnya-alokasi-anggaran-mitigasi-bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *