20 Ribu Guru dan 100 Ribu Siswa Terdampak Gempa Sulteng

Dua Daerah Terima Anugerah Pendidikan
October 4, 2018
‘Tangisan’ Guru Honorer Rayakan Peringatan Hari Guru Sedunia
October 5, 2018

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy/MENARA62

Yogyakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, ada sekitar 20 ribu guru yang terdampak gempa Palu. Sementara, jumlah siswa yang terdampak gempa Palu tercatat ada sekitar 100 ribu.

“Yang terdampak itu ada 20 ribu lebih untuk guru. Siswanya 100 ribu lebih,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai membuka acara Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Yogyakarta, Rabu (03/10/2018)

Muhadjir menuturkan, sampai saat ini masih melakukan pendataan terkait guru yang mengalami luka-luka maupun meninggal akibat gempa Palu, termasuk melakukan pencarian terhadap karyawan Kemendikbud yang saat ini belum diketemukan.

“Sudah ada laporan meninggal tetapi belum final, masih kami data. Kan masih banyak yang kami cari juga, termasuk karyawan LPMP yaitu UPT Kemendikbud yang ada di sana,” tegasnya.

Menurut Muhadjir, pihaknya akan mengumpulkan guru-guru yang menjadi korban gempa Palu. Guru-guru ini akan diberikan pendampingan dan motivasi agar bisa kembali menjalankan tugasnya mengajar.

“Guru-guru akan kami kumpulkan. Nanti kami akan beri motivasi agar bisa kembali mengajar,” ucapnya.

Selain itu, Kemendikbud mempertimbangkan untuk memberikan tunjangan kepada guru-guru yang menjadi korban gempa bumi Palu.

“Sedang kami pertimbangkan, seperti kemarin di NTB, kami ada tunjangan khusus dan itu amanah undang-undang. Nanti kami akan lihat kemampuan Kemendikbud,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mendikbud: 20.000 Guru Terdampak Gempa Palu”,
Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Khairina

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Mendikbud Sebut 20 Ribu Guru dan 100 Ribu Siswa Terdampak Gempa Palu dan Donggala, http://wartakota.tribunnews.com/2018/10/03/mendikbud-sebut-20-ribu-guru-dan-100-ribu-siswa-terdampak-gempa-palu-dan-donggala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *