Jakarta –Perhimpunan untuk Peningkataan Keberdayaan Masyarakat PPKM (Association for Community Empowerment-ACE) menjadi tuan rumah pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk perubahan sosial. Pelatihan diikuti sejumlah aktivis perwakilan dari sejumlah organisasi prodemokrasi, berlangsung di Sekretariat PPKM-ACE di kawasan Jakarta Selatan. Mengambil tema kunci, “Raise and Spread your Voice”, PPKM-ACE mengajak kalangan muda dari organisasi mitra guna meningkatkan kapasitas dalam menyiapkan pesan kampanye perubahan sosial melalui media digital di tanah air.

Pimpinan PPKM-ACE Titik Hartini membuka resmi pelatihan dan menekankan keutamaan kalangan praktisi lembaga swadaya menguasai aspek teknis pemanfaatan kampanye digital untuk pengembangan lembaga masing-masing kepada publik.

Titik cukup optimistis, dengan menguasai aspek teknologi untuk mewujudkan berbagai program pemberdayaan diharapkan dapat mengugah kepedulian dan mengajak publik secara lebih masif ikut andil dalam mewujudkan berbagai program dan perubahan sosial.

Pelatihan menghadirkan fasilitator terkemuka Yendi Amalia, CEO Wordsmith Group yang memiliki pengalaman cukup luas dalam dunia periklanan regional dan global.

Yendi berharap kosistensi kalangan praktisi dalam beradaptasi dan menguasai seluruh aspek teknis perkembangan teknologi digital (social media) akan membawa dampak lebih berarti, terutama dalam membangun kampanye-kampanye kreatif kalangan LSM dan mitra strategis di tanah air.

Pemanfataan teknologi untuk kampanye perrubahan, tambah Yendi, diharapkan menjadi salah satu wahana dalam mewujudkan seluruh program prioritas lintas lembaga sekaligus sebagai bentuk pelayanan kepada publik guna membangun kepercayaan, transparansi, lebih produktif dan inovatif.

Beberapa peserta pelatihan mengaku cukup puas dengan materi yang disampaikan dalam workshop , namun mereka berharap program pelatihan terkait pemanfaatan Teknologi untuk Perubahan Sosial melalui Kampanye Digital ini lebih berkesinambungan.

Beberapa Analis senior mengatakan, kampanye digital adalah istilah yang semakin popular, kampanye digital yang efektif dinilai mampu mempengaruhi opini publik dan menggiring mereka untuk mengikuti pesan yang disampaikan dalam kampanye. Ada banyak teori yang membahas faktor atau langkah penting yang harus diperhatikan untuk membuat kampanye digital yang efektif, efisien, informatif dan inspiratif. Beberapa di antaranya yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kampanye digital yang sukses. Keempatnya disingkat menjadi AIDA yakni attention (perhatian), information (informasi), desire (keinginan) dan hasil akhirnya adalah action (aksi). Untuk menarik perhatian publik, informasi atau pesan yang ingin disampaikan perlu dikemas semenarik mungkin sehingga menggugah keinginan dan pada akhirnya akan menggerakkan publik untuk melakukan aksi nyata sesuai dengan tujuan pesan kampanye, terutama dengan melibatkan masyarakat sipil dan organisasi nonpemerintah dalam membuat kampanye yang mendorong perubahan sosial dan program-program kemanusiaan lainnya.

Analis menilai, Ada banyak isu sosial yang patut mendapat perhatian dan dukungan dari publik, tentu didukung dengan Perangkat teknologi yang ada perlu dimaksimalkan terutama bagi praktisi pegiat organisasi non pemerintah perlu guna menyiapkan pesan kampanye yang elebih fektif untuk disebarluaskan melalui beragam perangkat teknologi digital yang ada.

Workshop “Raise and Spread Your Voice” untuk peserta mitra lembaga ini diharapkan, bahwa Peserta memahami arti kampanye digital, Peserta mampu membuat pesan kampanye yang tepat sasaran, Peserta mampu menguasai aspek teknis guna memetakan perangkat teknologi atau media sosial yang dinilai lebih tepat untuk menyampaikan pesan kampanye. (Tim)