Kepala Daerah Terpilih Diminta Berkomitmen pada Pendidikan

0
41
Perjuangan Membuka Akses Pendidikan di Bumi Cendrawasih/EDUNEWS

JAKARTA — Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah meminta, pemimpin daerah terpilih memiliki yang berkomitmen tinggi terhadap dunia pendidikan di daerah. Karena kunci pembangunan terletak pada penguatan sumber daya manusia (SDM).

“Hajatan pilkada serentak di 171 daerah se Indonesia ini harus menghasilkan pemimpin yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap dunia pendidikan,” tegas Anang kepada Republika, Kamis (28/6).

Anang mengatakan, selama ini masih banyak terjadi ketimpangan kondisi kualitas pendidikan di daerah dan di kota besar. Baik persoalan infrastruktur, kualitas tenaga pendidik serta ketersediaan tenaga pendidik.

“Tugas pemimpin daerah harus memastikan kegiatan belajar mengajar di daerah harus kondusif dan menghasilkan kualitas yang bagus,” ungkap Anang.

Selain itu, lanjut Anang, kepala daerah juga harus memastikan pendidikan di daerah mulai jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SLTA tak ada pemungutan biaya sekolah.

Meski begitu, dia menyayangkan dalam perdebatan visi misi kandidat kepala daerah selama ini, isu pendidikan belum ditempatkan sebagai isu penting dalam perhelatan pilkada di 171 daerah. Padahal, pendidikan sebagai investasi yang memiliki nilai tinggi bagi pengembangan daerah.

“Saya melihat isu pendidikan belum menjadi perdebatan penting para kandidat kepala daerah, padahal dari pendidikan masa depan daerah akan dipertaruhkan,” tegas Anang. Karena itu dia berharap, semua kepala daerah terpilih memiliki yang berkomitmen tinggi terhadap dunia pendidikan di daerah.

Sumber : https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/06/28/pb0qph335-kepala-daerah-terpilih-diminta-berkomitmen-pada-pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here