Masamba —- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dengan tegas meminta semua pelayanan publik yang ada di Luwu Utara harus bersih dari segala macam pungutan liar. Penegasan ini ia sampaikan di hadapan 343 Pejabat Fungsional yang dilantik, dikukuhkan dan diambil sumpahnya oleh Bupati, Kamis (17/5), di Lapangan Upacara Kantor Bupati. “Pastikan di tempat kita bertugas, tidak ada pungli. Semua layanan publik harus Zero Pungli, termasuk di sektor pendidikan dan kesehatan,” ujar Indah.

Indah merinci, 343 pejabat fungsional terdiri dari Kepala UPT Satuan Pendidikan TK sebanyak lima orang, Kepala UPT Satuan Pendidikan SD 242 orang, Kepala UPT Satuan Pendidikan SMP 70 orang, dan Koordinator Urusan Pendidikan Wilayah Kecamatan 12 orang, serta Kepala UPT Puskesmas 14 orang. “Dari 343 yang kita kukuhkan hari ini, 98% kembali menempati posisi semula. Selebihnya mengisi jabatan yang kosong,” terang Indah.

Indah menambahkan bahwa pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional adalah bagian dari pemenuhan amanat peraturan perundang-unsdangan yang berlaku. “Tentu kita berharap, dengan mengucapkan sumpah berarti bapak dan ibu akan semakin bersemangat dan termotivasi untuk bekerja dan memberikan yang terbaik terhadap Luwu Utara,” harap Indah.

“Saya minta kepada kita semua untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap siswa(i) kita untuk menangkal berbagai ancaman di kalangan generasi muda, khususnya narkoba dan ajaran-ajatran radikal. Sekali lagi kami ajak anak bapak/ibu,. Ayo ini anak kita, kita harus lindungi, kita semua bertanggung jawab atas masa depan mereka,” kata Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Acara pelantikannya sendiri dihadiri beberapa pejabat, di antaranya Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kapolres Luwu Utara Boy FS. Samola, Sekretaris Daerah Abdul Mahfud, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1403/Sawerigading, Ketua Pengadilan Negeri, serta para Kepala SKPD. Menariknya, usai pelantikan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama, juga di tempat yang sama.

Sumber : https://kumparan.com/luwu-utara-news/bupati-luwu-utara-semua-layanan-publik-harus-zero-pungli