5 Profesi dengan Gaji Tinggi yang Tak Butuh Gelar Sarjana

Uang Perpisahan Sekolah Termasuk Pungli
April 30, 2018
Guru Selalu Disalahkan, Kemendikbud akan Susun Kode Etik
May 1, 2018

Jakarta – Menempuh pendidikan tinggi hingga universitas memang meningkatkan potensi seseorang mendapat pekerjaan. Apalagi jika universitas itu dikenal bergengsi dan Anda mendapat nilai IPK tinggi. Perusahaan bukan tidak mungkin memperebutkan Anda. Namun gelar sarjana bukan kualifikasi wajib untuk diterima kerja. Tanpa ijazah universitas, Anda pun tetap bisa bekerja bahkan menerima penghasilan besar. Ini lima profesinya:

Supply Chain Manager

Supply Chain Manager mungkin bukan profesi yang familiar. Namun pekerjaan tersebut patut dipertimbangkan karena bergaji besar dengan tingkat kepuasaan kerja yang juga tinggi. Tugas dari pekerjaan tersebut adalah untuk mengoptimalisasi aktivitas penyediaan inventaris kantor. Dilansir PayScale Research Center, posisi ini bisa menerima $123,000 (Rp 1,6 miliar) di AS.

Tidak percaya jika profesi itu tak butuh ijazah universitas? Seorang pengguna Reddit mengatakan jika temannya yang bekerja sebagai supply chain manager tidak kuliah. Namun ia memang harus ekstra berdedikasi pada pakerjaan untuk menerima gaji $90,000 (Rp 1,2 miliaran). Tapi sisi buruknya, jika ingin berganti pekerjaan, ia mungkin butuh gelar sarjana dan menerima gaji lebih sedikit dari yang sekarang.

Information Security Architect

Anda yang bekerja industri teknologi mungkin pernah mendengar pekerjaan ini. Profesi tersebut memang tidak membutuhkan gelar sarjana namun menuntut pengalaman dan sertifikasi. Jika terbukti potensial, bukan tidak mungkin pekerja menerima $110,000 (Rp 1,4 miliaran) per tahun.

Information security architect sendiri bertanggungjawab dalam memeriksa keamaan produk vendor, mencari solusi jika ada permasalahan dalam proses, hingga konfigurasi firewall agar berjalan lancar.

Systems Administrator

Orang yang bekerja sebagai systems administrator bisa menerima gaji $59,000 (Rp 788 jutaan) hingga $80,000 (Rp 1 miliaran) tergantung pengalaman. Seperti information security architect, dibutuhkan banyak kemampuan dan pengalaman karena menuntut pegawainya untuk bertanggungjawab memastikan teknologi berjalan lancar di kantor. Profesi ini juga banyak dicari perusahaan.

Quality Assurance Inspector

Profesi satu ini juga menghasilkan pendapatan cukup tinggi. Sebagai quality assurance inspector, mengidentifikasi kecacatan dan penyimpangan produk adalah tanggung jawab utama mereka. Jika menjabat posisi ini bukan tak mungkin pekerja mendapat $81,000 (1 miliaran) per tahunnya.

Chemical Process Operator

Pekerjaan ini menuntut pekerjanya memonitor dan menjaga perlengkapan kimia. Mereka umumnya juga diminta untuk memastikan bahan-bahan kimia bisa ditransfer secara aman. Tidak mudah memang namun gaji yang dijanjikan juga tidak sedikit. Menurut pengguna Reddit, pekerjaan ini menghasilkan $58,000 (Rp 774 jutaan) hingga $86,000 (Rp 1,1 miliaran) per tahun tergantung pengalaman.

Sumber : https://wolipop.detik.com/read/2017/05/09/194928/3497005/1133/5-profesi-dengan-gaji-tinggi-yang-tak-butuh-gelar-sarjana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *