UNBK di Sumut, Sekolah Pinjam Laptop ke Siswa

0
103
Ilustrasi siswa Indonesia sedang menjalani Ujian Nasional (UN)./GOOGLEIMAGE

MEDAN – Lembaga negara untuk pengawasan pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia, masih menemukan adanya sekolah yang tidak siap dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK, yang dimulai sejak Senin 2 April 2018.

Ketidaksiapan itu terbukti dari adanya temuan sekolah yang menumpang di sekolah lain untuk melaksanakan UNBK. Ombudsman juga menemukan adanya pihak sekolah yang meminjam laptop kepada guru dan ke orangtua siswa, agar siswa mereka bisa mengikuti UNBK.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjelaskan, beberapa temuan tersebut berdasarkan laporan Tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut yang saat ini masih terus melakukan monitoring dan pengawasan pelaksanaan UNBK di Sumut.

Seperti yang terlihat di SMKN 1 Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Di sekolah ini, sebagian komputer yang digunakan untuk UNBK dipinjam dari guru karena kesediaan komputer sekolah tidak cukup untum pelaksanaan UNBK.

Sedang di SMKN 1 Talawi, pihak sekolah hanya memiliki 8 unit komputer. Padahal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK ini sebanyak 60 unit komputer. Karena itu, untuk menutupi kekurangannya, pihak sekolah terpaksa menyewa komputer dan meminjam laptop milik siswa dan guru.

“Di SMK Swasta Amir Hamzah Batubara, kita temukan UNBK dilaksanakan dengan meminjam 10 unit laptop dari siswa. Selebihnya milik sekolah,”sebut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar.

Abyadi mengaku, hingga hari ketiga pelaksanaan UNBK, sejauh ini pelaksanaan masih relatif baik. Termasuk dibandingkan dengan UNBK pada tahun lalu. Ombudsman pun mengaku akan terus melakukan pengawasan, hingga UNBK selesai. Ini untuk memastikan agar tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan UNBK.

“Kita hanya memberikan catatan, agar pelaksanaan UNBK, harusnya tak perlu dikawal oleh polisi. Ini bisa menimbulkan preseden buruk, dan kekhawatiran terhadap para siswa. Lagi pula kan itu tidak diwajibkan dan diatur dalam prosedur operasional standar ujian nasional,” tandasnya.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2018/04/05/65/1882468/unbk-di-sumut-sekolah-pinjam-laptop-ke-siswa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here