BLITAR – Momen jelang paskah dimanfaatkan puluhan siswa Sekolah Dasar Katholik Santa Maria Kota Blitar dengan kegiatan bakti sosial. Mereka membagi-bagikan nasi bungkus, kepada pejalan kaki, tukang becak pedagang pasar, pengendara dan pengatur lalu lintas jalan, di Pasar Legi, Depo Sampah, dan perempatan lampu merah, Selasa (27/3/2018). Sebanyak 250 nasi bungkus dibagikan para siswa diidampingi guru dan orang tua.

Pantauan BLITARTIMES, aksi ini digelar mulai Pukul 13.15 WIB setelah para siswa pulang dari sekolah. Di bawah teriknya sinar matahari, para siswa terlihat sangat bersemangat membagikan satu per satu nasi bungkus kepada warga yang mereka jumpai di lokasi.

“Aksi ini spontanitas dan merupakan gagasan dari anak-anak beserta orang tuanya. Aksi ini digelar untuk menyambut Paskah,” kata Maria Felicia, salah satu orang tua siswa.

Dijelaskan, menjelang perayaan Paskah umat Kristiani melaksanakan puasa selama 40 hari. Para siswa juga mengikuti perintah agama tersebut dengan melaksanakan puasa di masa pra Paskah ini.”Mereka (Siswa) tidak jajan selama masa pra Paskah karena berpuasa. Dan uang jajan itu oleh para siswa dirupakan nasi bungkus untuk dibagikan kepada sesama. Buka sesama yang membutuhkan, tapi para siswa yang berbagi kepada sesama,” tukasnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Suster Kepala Sekolah SDK Santa Maria. Diharapkan kegiatan ini akan dapat digelar berkelanjutan sebagai sarana pembelajaran kepedulian sosial para siswa terhadap lingkungan sekitar..

“Anak-anak menjadi memiliki kegiatan yang positif. Dan setidaknya ini menjadi pembelajaran bagi anak-anak. Bahwa berbagi itu merupakan sesuatu yang penting dalam hidup ini. Limpahan rejeki itu bukan untuk diri sendiri, tapi rejeki juga harus kita bagi bersama orang lain,” tambah Cicilia Yulianti Handayani, orang tua siswa lainnya.

Di samping itu, melalui aksi ini para siswa menjadi lebih akrab dengan teman sebaya. Sebab, pengaruh gadget dan teknologi membuat anak-anak itu jarang meluangkan waktu bermain bersama.”Dengan adanya kegiatan ini, sekolah berharap siswa dapat berinteraksi langsung dengan teman sebaya dan berbagai lapisan masyarakat untuk melatih kecerdasan sosial, sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat. Selain itu juga untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” katanya lagi.

Aksi pembagian nasi bungkus mendapat respon positif dari warga masyarakat. Mereka memuji kepedulian sosial para siswa SDK Santa Maria yang tulus berbagi dengan sesama

“Bagus sekali, kami sebagai warga merasa senang apabila kegiatan-kegiatan sosial seperti ini bisa terus dilakukan. Semoga anak-anak ini nanti menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan Negara,” ungkap Wawan, warga lingkungan Pasar Legi.

Sumber : http://m.jatimtimes.com/baca/169617/20180327/173322/sambut-paskah-siswa-sdk-santa-maria-blitar-gelar-aksi-sosial-bagi-nasi-bungkus/