Bontang – PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) mempunyai kiat tersendiri untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat di daerah. Salah satunya, melalui program corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman, mengatakan, dalam pengelolaan perusahaan, pihaknya tidak hanya mengikuti standar-standar yang ditetapkan, tetapi telah melakukan praktik terbaik, terpadu dan berkelanjutan.

“Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan merupakan program pemberian beasiswa penuh kepada putra dan putri Kaltim yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara finansial,” ujar Bakir Pasaman, Selasa (13/3).

Menurut Bakir, pemberian beasiswa ini terdiri dari tiga program yaitu, beasiswa untuk siswa SD, beasiswa untuk SMP, dan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia.

“Untuk program beasiswa yang terakhir ini, peserta penerima beasiswa tersebar di sembilan PTN seperti, Unair, ITS, UGM, ITB, IPB, Unpad, UI, Unibraw dan Undip. Program ini menjadi CSR unggulan sejak dilaksanakan pada 2008,” jelasnya.

Saat ini, Pupuk Kaltim sedang melakukan proses seleksi untuk penerima beasiswa Tahun 2018. Tahap awal adalah sosialisasi ke seluruh SMA/SMK sederajat yang ada di Bontang. Setelah melalui serangkaian tahapan dan dinyatakan sebagai penerima beasiswa, peserta akan mendapat fasilitas berupa biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal), akomodasi dan transportasi yang diberikan secara lumpsum, biaya pendaftaran kuliah dan wisuda.

“Kami akan terus peduli dan meningkatkan pendidikan siswa-siswi yang berdomisili di Bontang dan Kaltim dengan harapan dapat mendukung misi Kota Bontang menjadi Bontang Cerdas Tahun 2020,” pungkas Bakir.

Sumber : http://www.beritasatu.com/satu/482998-cara-pupuk-kaltim-dorong-pendidikan-masyarakat.html