Jember Gandeng CSR Renovasi Madrasah

0
108
Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menggandeng Indomarco merenovasi madrasah di daerah pelosok. Salah satunya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum di Desa Curah Kalong, Kecamatan Bangsalsari, yang diresmikan pada Rabu (31/01)/Jemberkabgoid

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menggandeng Indomarco merenovasi madrasah di daerah pelosok. Salah satunya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum di Desa Curah Kalong, Kecamatan Bangsalsari, yang diresmikan pada Rabu (31/01/2018).

Selain renovasi, juga memberikan beasiswa. Bupati Faida menyampaikan, pendidikan merupakan masalah bersama. Karena itu, peran serta pemerintah, swasta, dan masyarakat diatur dengan sinergisitas terntentu yang tidak memberatkan orangtua dan siswa, wali santri, dan santri.

Banyak sekolah di pelosok pelosok, seperti MI Miftahul Ulum, dengan murid lebih dari 200 kekurangan infrastruktur dan sangat tidak memadai.

Oleh karena itu Pemkab Jember menggandeng PT. Indomarco dengan program CSR (corporate social responsibility) dalam membantu dunia pendidikan.
Bupati mengungkapkan, sinergisitas antara Pemkab dengan perusahaan dalam penyaluran dana CSR tidak sebatas menyerahkan dana bantuan.

Namun, pemerintah memiliki kewajiban memberikan data terkait lokasi sekolah atau madrasah yang akan menerima bantuan.

Hal itu membuat perusahaan tidak hanya peduli, tapi juga menjadi bagian solusi di daerah tempatnya beroperasi.

Lebih jauh Bupati mengungkapkan, lebih dari 2.000 kelas di Kabupaten Jember butuh dibenahi.

“Pada tahun ini akan segera dituntaskan minimal 1000 kelas-kelas yang perlu diperbaiki dan rusak berat,” terang Bupati.

Karena itu, Bupati berharap CSR yang dikucurkan di Kabupaten Jember tepat sasaran.

“Bukan di kota, tempat yang kelihatan. Karena di pelosok pun malaikat tidak akan lupa mencatat kebaikan kita,” Bupati Faida.

Khusus bagi santri MI Miftahul Ulum, Bupati menerangkan jika hafal Al-Qur’an minimal satu jus maka akan diberikan beasiswa dan bebas memilih sekolah dimana saja.

Kepala MI Miftahul Ulum Rustam, S. Pd. I. menyampaikan terimakasih dan bangga karena Bupati hadir. Sebab, sebelumnya tidak pernah dihadiri oleh seorang bupati.

Rustam juga berterimakasih atas rekomendasi Bupati Faida memilih MI Miftahul Ulum dalam program CSR Indomart.

Ia juga mengapresiasi PT. Indomarco yang merenovasi gedung MI Miftahul Ulum.

“Bangunan ini akan kami rawat dan kami jaga serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kegiatan belajar mengajar, baik dalam madrasah ibtidaiyah maupun madrasah diniyah,” tutur Rustam.

Branch Manager Indomart Irwan Zaibuha mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan.

Di MI Miftahul Ulum menjadi kegiatan ketiga, yang sebelumnya dilakukan di luar kota Jember.

Irwan menjelaskan, jumlah penerima beasiswa sebanyak 74 siswa-siswi MI Miftahul Ulum. Masing-masing mendapat Rp. 500 ribu.

“Program ini adalah salah satu upaya dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, membina hubungan baik antara indomart, pemerintah daerah, dan masyarakat sekitar dalam berkontribusi untuk daerah,” katanya.

Usai menggunting untaian bunga melati, Bupati bersama pimpinan Indomarco dan MI Miftahul Ulum meninjau bangunan madrasah yang baru direnovasi.

Sebagai bentuk rasa syukur, Bupati diminta memotong tumpeng nasi. Sementara untuk meramaikan suasana, disajikan tarian tradisional yang dimainkan adik-adik kecil.

Sumber : https://jemberkab.go.id/bupati-gandeng-indomarco-renovasi-madrasah/#jp-carousel-20718

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here