Jakarta – Baru-baru ini Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia/JPPI Ubaid Matraji melangsungkan audiensi dengan pihak Bappenas RI. Kunjungan kali ini diterima langsung Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Dr. Ir. Subandi, MSc , dalam kesempatan pertemuan dijajaki kerjasama yang bisa ditindaklanjuti dengan pemerintah, terutama terkait dengan kajian-kajian komprehensif program pendidikan yang menjadi prioritas Indonesia yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah RPJM yang diselaraskan dengan target pembangunan berkelanjutan SDGs, konsep pembangunan berkelanjutan PBB.

Ubaid memimpin delegasi Seknas JPPI Jumat (22/12) , pertemuan berlangsung cukup produktif , dibahas pula kemitraan jangka panjang kalangan lembaga swadaya (CSO) dan berharap lebih proaktif mendorong pemerintah dalam mewujudkan program prioritas pendidikan nasional (RPJM) yang selaras dengan konsep SDG 4, Target Pembangunan Berkelanjutan PBB Bidang Pendidikan.

Laporan-laporan terkait program pembangunan telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, termasuk prioritas pembangunan bidang pendidikan dan SDM.

Sebuah panel global ” Indonesia Development Forum (IDF) 2017 ” baru-baru ini menekankan, sedikitnya terdapat empat faktor penyebab ketimpangan di tanah air ; ketimpangan peluang sejak awal kehidupan yang mempengaruhi kualitas SDM (akses pendidikan); pekerjaan yang tidak merata; kekayaan yang terkonsentrasi pada beberapa kelompok; dan ketahanan ekonomi yang dinilai rendah. (tim)