JAKARTA — Indonesia Bermutu (IB) menyatakan siap bekerja sama dgn Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag. Hal itu terungkap dari pertemuan peneliti Indonesia Bermutu, Afrizal Sinaro dengan Direktur KSKK Madrasah, Dr H A Umar, MA di ruang kerja direktur KKSK Madrasah, Jakarta, Senin (22/1).

“Indonesia Bermutu akan menggandeng KSKK Madrasah. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah penyusunan modul Matsama (Masa ta’aruf siswa madrasah). Tujuan utamanya adalah penanaman adab/sikap/karakter bagi siswa madrasah semenjak baru masuk sekolah,” kata Afrizal Sinaro dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (24/1).

Afrizal menambahkan, terkait dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan kompetensi guru-guru madrasah, IB akan mendesain kegiatan workshop guru, mulai dari sistem pembelajaran yang bermakna sampai pembuatan soal HOTS.

“Kegiatan workshop ini diharapkan dapat dilakukan bertahap satu madrasah tingkat Ibtidaiyah, Stanawiyah dan Aliyah di setiap provinsi,” tutur Afrizal yang juga direktur Indonesia Bermutu Global (IIG).

Ia menyebutkan, Umar saat ini tengah menulis buku berjudul “Madrasah Hebat, Madrasah Bermutu”. “Insya Allah buku tersebut akan diterbitkan oleh Penerbit Al-Mawardi Prima,” ungkap Afrizal yang juga direktur Penerbit Al-Mawardi Prima.

Sumber : http://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/01/24/p31sfp374-indonesia-bermutu-siap-perkuat-mutu-guru-madrasah