Intisari Data UNESCO Pondasi SDGs Ke-4

Country Brief RTEI in Indonesia
January 12, 2018
Temuan PPDB 2017
January 13, 2018

Buku yang ada di tangan para pembaca ini adalah versi terjemahan dari buku yang di-terbitkan Unesco berjudul “Sustainable Development Data Digest: Laying the Founda-tion to Measure Sustainable Development Goal 4”, yang diterbitkan pada tahun 2016. /NEW Indonesia

Tujuan SDGs ke-4 (Pendidikan) ini memberi tekanan yang lebih kuat dibandingkan den-gan tujuan kedua MDGs, yakni “Setiap penduduk dunia mendapatkan pendidikan dasar”. Bila tujuan MDGs terkait pendidikan adalah pemerataan akses, maka tujuan SDGs terkait dengan pendidikan selain pemerataan (kesempatan belajar untuk semua orang) adalah kualitas dan nilai-nilai yang dijunjung dalam pendidikan, yakni inklusif, berkeadilan, dan belajar seumur hidup. Dengan demikian akan tercipta “no one left behind”- tidak boleh ada orang yang tertinggal.

Buku yang ada di tangan para pembaca ini adalah versi terjemahan dari buku yang di-terbitkan Unesco berjudul “Sustainable Development Data Digest: Laying the Founda-tion to Measure Sustainable Development Goal 4”, yang diterbitkan pada tahun 2016. Buku secara khusus masuk ke dalam perbincangan tentang SDGs terutama tujuan keempat. Dan secara umum buku ini membuat pertanyaan besar: “Apakah negara-negara yang turut dalam deklarasi SDGs benar-benar siap melaksanakan Tujuan Keem-pat SDGs, yakni menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang?”

Karya tulis ini secara satu persatu memuat penjelasan mengenai beberapa hal. Pertama, apa yang telah disepakati oleh forum internasional untuk pembangunan berkelanjutan terutama dalam hal pendidikan. Apa saja indikator-indikator yang telah disepakati un-tuk dicapai, termasuk apa saja yang masuk sebagai indikator global dan tematik untuk pembangunan pendidikan yang berkelanjutan.

Selengkapnya unduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *