YBS Inisiasi Workshop Penulisan Produktif Isu Pendidikan

0
150
Peserta pelatihan penulisan opini di media sosial yang diprakarsai Yayasan Balita Sehat (YBS)/foto E. Heryati

Jakarta – Kalangan aktivis dari sejumlah organisasi pro-demokrasi mengikuti pelatihan sehari tentang pemanfaatan media sosial, penulisan opini dan karya-karya penulisan relevan untuk kampanye pendidikan dan tema sosial lainnya. Kegiatan diprakarsasi Yayasan Balita Sehat (YBS) dengan dukungan Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), pelatihan kali ini masih merupakan rangkaian peningkatan kapasitas internal anggota koalisi jaringan dalam melakukan kampanye yang lebih masif, produktif diera media multiplatform .

Pimpinan Yayasan Balita Sehat yang juga Pengurus Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Helga Dyah Vianinditasari mengatakan di Jakarta Kamis (2/1/2017), bahwa pemanfaatan media sosial untuk tujuan kampanye dan advokasi isu pendidikan dan isu sosial lainnya, cukup bermanfaat dan dapat menjangkau pengguna medsos di tanah air yang lebih masif”.

Mentor pelatihan, Jurnalis senior televisi terkemuka Alida Bahaweres memuji antusias peserta dan berharap terjadi lebih banyak perubahan bagi rekan-rekan dalam mengelola publikasi multimedia, medsos dan situs internal lembaga masing-masing lebih dikenal luas, dengan menampilkan hal-hal yang lebih edukatif, kreatif dan informatif.”
“Menulis itu dapat dengan kalimat sederhana, yang utama semua pesan-pesannya sampai dan mudah dicerna.”, tambah Alida memotivasi partisipan pelatihan.

Salah seorang peserta pelatihan Amang A Rochman mengakui, kegiatan ini cukup positif dan minta agar agenda serupa dilanjutkan guna mempertajam skil para aktivis dalam menulis karya yang lebih baik”.
Beberapa peserta lainnya merasa cukup puas, dan pembekalan dalam pelatihan diharapkan semakin memotivasi organisasi jaringan dan mitra dalam emngatasi berbagai kendala terkait penulisan dan publikasi karya, tulisan dan relasi komprehensif dengan media arus utama terutama pemanfaatan media sosial untuk kampanye peduli pendidikan dan beragam isu turunannya, sesuai fokus kampanye di lembaga masing-masing.

Beberapa praktisi media mengatakan, melalui tulisan, kalangan aktivis dapat menyampaikan apa saja yang menjadi kegelisahan, gagasan serta isu – isu pemenuhan hak setiap warga Negara baik sosial, politik, ekonomi, kesehatan bahkan pendidikan. Dengan berbagai macam media massa guna membangun opini publik untuk memperjuangkan suatu ide atau gagasan bersama sehingga bisa menciptakan gerakan sosial yang mengarah pada perubahan demokrasi lebih baik.

Yayasan Balita Sehat Indonesia (Koordinator Pelatihan)

Berdiri 2001 , the Foundation for Mother and Child Health Indonesia (Yayasan Balita Sehat Indonesia), merupakan organisasi “cabang” dari FMCH UK. Selain di Indonesia, juga terdapat FMCH India. FMCH Indonesia saat ini memiliki 4 site dampingan yaitu Cipete-Jakarta, Bojonggede-Jawa Barat, Semarang-Jawa Tengah, dan Kab. Timur Tengah Selatan –NTT. Tugas utama dari FMCH Indonesia yaitu memberikan edukasi mengenai kesehatan ibu dan anak. YBS mengembangkan 12 PAUD yang tersebar di Jakarta, Bojonggede dan NTT. Sistem belajar dan kurikulum pembelajarannya diintegrasikan dengan pendidikan kesehatan.

Perkembangan Seknas JPPI

Per Desember 2017, anggota koalisi jaringan JPPI bertambah dua organisasi lembaga, yang direkomakomodasi dalam pertemuan tahunan Bandung baru-baru ini, kedua lembaga jaringan baru tersebut Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) Solo dan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Jakarta. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here